Tag

, ,


The-South-Crowd-the-it-crowd-6674130-1024-768sebuah perenungan, sambil tersenyum miris sendiri…geleng-geleng kepala dan mengusap dada…sambil berkata dalam hati “nasib..nasib….”

Entah lingkungan gw doang or memang ini sebuah kenyataan yang dialami oleh para perkerja IT ya? entahlah..tapi gw harap, bagi kalian yang membaca tulisan ini, dimana kalian bukanlah bekerja dibidang IT, saya berharap kalian lebih memperlakukan IT secara lebih manusiawi..hehehe..IT juga manusia taukkk…Alien

Divisi IT (menurut gw) secara umum dibagi 3 bagian utama, yaitu : Software, Hardware, Network.

dimana Software mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dari tidak ada system menjadi ada system (termasuk maintenancenya), Hardware  kurang lebih sama seperti software, cuma bedanya dia mengurusi perangkat keras dan perawatannya, simple nya adalah, dia mengusahakan dari loe kerja gak pake komputer menjadi loe bisa kerja pake komputer, dan bagian Network dia yang membuat kalian gak kerja seperti orang autis – asik sendirian gitu – tapi kalian bisa “komunikasi” dengan tim/rekan lain melalui komputer kalian atau kalian bisa ngeprint kertas kerja excel kalian ke printer yang letaknya tidak terhubung langsung ke komputer kalian.

Sayangnya (hampir) semua orang ter-mindset bahwa IT itu harus menguasai semuanya…jadi ketika IT bilang “wah saya gak tau cara setting proxy” banyak orang langsung komentar “loe gimana sih, IT masa gak tau hal setting proxy..!!”…orang tersebut lupa bahwa ternyata sang IT spesialisasinya adalah hardware…arrghh…menyebalkan memang..

banyak orang yang menuntut IT itu harus bisa Generalis (menguasai bagian Software, Hardware dan Network sama baiknya), hadooooh…coba deh kalau misalkan hal yang sama gw tanya juga ke kalian para lulusan hukum, kalian gw tanya semua hal tentang KUHP, hukum perdata, pidana, Hukum Islam, undang-undang pertanahan, undang-undang internasional…gimana bisa?? gimana rasanya kalo kalian gak bisa jawab trus gw bilang “ah..loe lulusan hukum gak mutu..masa undang-undang pertanahan aja gak tau?” padahal kalian tidak menggambil spesialisasi tersebut…hehe sebel kan?!! hehehe

berikut adalah beberapa pengalaman gw (yang menyedihkan) terkait bidang IT

Scene 1 : Ditanya masalah Ms.Office (excel)

G = Gue, P = Penanya yang menyebalkan

P (seorang Accounting) : joe, kok gw gak bisa melakukan perhitungan rumus finacial pada excel ya…hasilnya selalu #Value (error result) bantuin buat rumusnya donk..

G : karena gw baik gw coba bantu..

AddEmoticons00523tik….tok…tik…tok (15 menit berlalu, gagal mencoba-coba, gw nyerah gak bisa bantu) “wah sori neh gw gak bisa bantu…gak ngerti gw rumusannya…

P : Ah gimana sih loe, masa Excel aja gak bisa..katanya loe IT…payah…

G : “!@#($!*(!@$!$^)_)&_ …. BT super tinggi) AddEmoticons04256 yeee…gw gak butuh Excel untuk pekerjaan gw..nah loe yang “makan” excel tiap hari masa gak bisa rumus begitu… (*lain kali kalo ditanya sama dia, gw bilang aja gw lagi sibuk….)

Scene 2 : IT dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

G = Gue, M = Management Perusahaan

M (Seorang direktur perusahaan) = Joe…bisa gak yah F*stnet dishare? jadi dikoneksikan ke access point jadi bisa dipake bersama-sama..

G = Bisa aja pak…Manipulasi MacAddress pada modem F*astNet nya aja..(*sambil menjelaskan secara teori teknis-teknisnya).

M = AddEmoticons04226(dengan muka tidak menyimak) ya udah sabtu ini kamu kerumah saya ya, minta tolong supaya F*stnet saya bisa sharing..(sambil ngeloyor pergi karena tidak mau dibantah)

G = AddEmoticons0051(….speechless) bicara dalam hati..harusnya gw bilang aja tadi kagak bisa yaa…

Scene 3 : Permintaan aneh..

G = Gue, M = Management Perusahaan

M (Seorang Branch Manager) = AddEmoticons0421Joe…minta tolong donk di program HP saya supaya bisa internetan…(sambil nyodorin HP kelas bawah dengan harga kisaran 400rb)

G  = (*sambil tepok jidat..astagah…!!!) Hm..Hm..pak HP jenis ini memang gak bisa internetan…itu keterbatasan dari hardwarenya (*ciiiatttttttt…jurus ngeles…)

M = Wah jadi gak bisa yaaa…

G = Menganggukan kepala (mo Internetan belli HP yang bagusan lagi napa…mangnya gw kerja di perusahaan handphone apa??  *gemes.com)…AddEmoticons00514capeeee dehhhh…

Scene 4 : Air susu dibalas dengan air tuba

G = Gue, R = Seorang rekan kerja yang (jadi) menyebalkan.

R = AddEmoticons04236(melalui telfon) Joeeee…plis donk bantuin gw…komputer gw gak bisa buka officenya neh..tolong dicek donk…

G = ya udah kasih aja ke ruangan gw…tar jam istirahat gw coba cek deh..

Pas jam istirahat, gw menyempatkan memeriksa laptop dia, pas dinyalain, ternyata officenya bisa langsung dibuka….jadi gw matiin lagi deh..(gw mo istirahat cuuuyyyy) AddEmoticons00530

G  = (melalui telfon) eh komputer loe dah beres nih..gak ada masalah kok..gw coba langsung bisa…

R = Oh gitu ya…ok deh tar gw ambil ya…makasih yaaaaa AddEmoticons0427

besoknya waktu gw lagi ngobrol-ngobrol dengan rekan-rekan lain, dia datang dan ngomel…

R = joe..kok gw coba dirumah, laptop gw malah gak bisa nyala…mangnya kemarin loe apain…ayo loe tanggung jawab…

G = AddEmoticons04247Yeee…wong gak gw apa-apain..langsung bisa..ya mana gw tau kenapa sekarang laptop loe gak bisa nyala…(*gw ikutan nyolottt)

Penting : kalau kalian dikantor, permintaan tolong kalian untuk memeriksa perangkat kompter pribadi kalian  sering ditolak dengan berbagai alasan oleh sang IT..mungkin dia pernah mengalami ini…hehehe

Scene 5 : Ah loe…bisa aja ngelesnya…

G = Gue, S = Sang Ego sentris

S = AddEmoticons04232Joeeee….kok gw gak bisa akses lagi mapping drive ke ke file server…padahal tadi pagi gw coba bisa…

G = AddEmoticons04233(seperti seorang guru yang baik menjelaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi..) Gini loh…komputer yang dipake untuk  sharing file tersebut menggunakan sistem operasi Windows XP, dia itu maksimal hanya bisa meng-handle 10 request akses sekaligus kepada folder yang disharing…

S = Tapi tadi pagi gw bisa akses, masa sekarang gak bisa…

G = Ya karena tadi pagi belum sebanyak itu yang akses…makanya siang ini gak bisa…karena sudah mencapai maksimalnya..

S =  Ah loe alasan aja…ngeles aja…kalo loe gak bisa ya bilang aja loe gak bisa….

G = %^(%&^#+$^@$+&#%(*&#!+) AddEmoticons04222 *Ciiiiiiiiiiiaaaaaatttttttttttttt ingin rasanya gw mengeluarkkan jurus tinju tanpa bayangan gw…

Scene 5 : Bingung kasih penjelasan…

G = Gue, B = Boss yang gaptek, S = Sekertaris Boss

B = AddEmoticons04211 Joeeee….coba deh kamu periksa laptop baru saya neh..kok kayanya lambat banget sih…saya gak sabaran nih..kamu cek ya…

sebagai info, laptop yang dimaksud adalah S*ny Vaio, HDD:640Gb, Processor : Intel i7 2,8 Ghz, RAM : 4 GB, VGA : High End 1Gb of RAM

G = (Tau spek komputer dia kaya gitu jadi hilang kata-kata) Ok deh pak saya periksa dulu..

kemudian membawa laptop tersebut ke meja sekertarisnya untuk di cek disitu..

S = Kenapa joe, laptopnya..??

G = Gw bingung neh sama boss loe…spek begini udah keluaran canggih banget untuk ukuran laptop, dia kerja cuma sama excel doang…tapi dia masih bilang lambat…ckckck

AddEmoticons04264 (*duh gw juga bingung mo cek apanya..duh kalo nanti dia ngeluh lagi..apa ya alasan gw…nanti??)

Scene 6 : Salah Persepsi…

G = Gue, B = Boss yang lugu

B = joe…kalau komputer yang bagus itu, Processornya berapa Giga Byte ya..Trus RAM nya berapa Giga Hertz ??

G = (Mo ketawa tapi takut di omelin…) hm..hm…AddEmoticons04274(bingung memikirkan cara mengoreksi pernyataan dia agar dia tidak malu….) hm…hm.. AddEmoticons04274[3](masih berlanjut bingungnya..)

mungkin (oke gw mulai berani ngomong neh..) sekitar 3 Giga Hertz untuk processornya udah bagus pak..dan 2 Giga Byte untuk RAM sudah cukup memadai…

memutuskan untuk gak usah dikoreksi pernyataannya..nanti gw gak digaji lagi..wkwkwk

OK…masih banyak pengalaman-pengalaman gw selama bekerja dibidang IT..ya gak cukup rasaya di posting dalam satu tulisan..ya semoga saja..tulisan-tulisan ini bisa mencerahkan pikiran kalian..

