Tag

, , , , ,


Kalau dibaca dari judulnya, kayanya serem banget ya…kesannya ada misteri pembunuhan gimana gitu…hahaha, tenang ini bukanlah hal-hal seperti itu.

BSOD adalah sebuah terminologi didunia teknologi, terutama pada perangkat PC (Personal Computer), Server atau workstation maupun Laptop. Gejala yang terjadi adalah munculnya sebuah tampilan dibawah ini.

Blue Screen On Death

tampilan ini membuat panik dan frustasi (paling gak saya mengalaminya), karena pada saat itu komputer benar-benar “freeze” alias I/O tidak dapat berfungsi lagi..satu-satunya solusi adalah pakai “Jurus Satu Jari” alias Hard Reboot komputer dengan menekan tombol power selama beberapa detik, hingga komputer mati…atau ya..cabut kabel powernya..heheheSampai sekarang sekarang saya sendiri tidak paham dengan pasti penyebab BSOD, hm..mungkin seandainya saya menggambil sertifikasi technical support microsoft saya bisa memahaminya. Seperti yang dapat dilihat pada gambar keterangan Error nya sulit dipahami oleh orang awam.

hardware

Biasanya berdasarkan pengalaman, BSOD itu disebabkan adanya “Crash” pada file system atau pada driver software, atau karena hardware malfunction, ya seperti kita memasang RAM yang  – entah bagaimana – ternyata tidak cocok dengan hardware komputer kita, nah jika misalnya RAM hardware masalahnya, kita bisa trial-error dengan mengganti dengan RAM lain atau memindahkan slot RAM ke slot lainnya..hehe itu pernah berhasil saya coba.

Nah kalau file system itu sedikit lebih jelimet..hehe tapi ada juga cara gambangnya..gunakan System Repair dengan memasukan CD Sistem Operasi dan ikuti instruksi-instruksi selanjutnya.. hehe simple kan..

Kemarin saya ketiban sial, setelah mengupdate sistem XP dan kemudian restart, ternyata terjadi BSOD..waaaakkkk…kenapa neh..?? Selidik punya selidik, ternyata (dugaaan saya) antivirus symantec saya bentrok dengan file system hasil update-an, karena (sekali lagi ini dugaan saya) ketika masuk ke Safemode dan service antivirus tidak berjalan, sistem berjalan dengan normal, namun ketika XP dikembalikan ke normal boot, sistem berjalan normal, hingga ketika service antivirus mulai berjalan sistem langsung muncul BSOD…heuheuu…berbagai cara dicoba, uninstall update pach XP maupun antivirus melalui Safemode tidak dapat dilakukan…hm..saya mencoba menggunakan sistem restore..huaaaa..derita tambah lengkap ternyta sistem restore dimatikan, sehingga tidak bisa dikembalikan ke kondisi sebelum terjadinya perubahan pada sistem…

saya coba pakai jurus repair system dengan menggunakan CD installer XP malah membuat makin parah..system sama sekali tidak bisa running dan selalu masuk ke BSOD…ternyata sistem XP saya sudah menggunakan SP3 dan saya menggunakan CD XP SP1 untuk me-recovery..huaaaaa….HIGHLY NOT RECOMENDED..

jadi kalau sudah menggunakan XP SP3 pergunakanlah CD Installer OS yang sepadan..

Norton Ghost

Dan akhirnya Thanks to Norton Ghost, saya menggunakan Image Sistem yang (ternyata) sudah pernah dibuat sebelumnya untuk me-restore sistem kembali ke kondisi semula…

