Tag

, , , , , , ,


kenakalan staff itYah menyambung tulisan sebelumnya nasib pekerja IT, harus diakui bahwa terkadang staff itu tidak melulu berada dalam posisi terzilomi, alias objek penderita…terkadang bahkan staff IT itu seringkali berada dalam posisi Objek pelaku juga..

pelaku apa..?? yah pelaku kenakalan wkwkwk

memang kenakalan staff IT ini relatif terhadap setiap orang, mengapa?

karena dalam teknologi dalam perusahaan, sering kali staff IT itu bertindak sebagai Polisi, Hakim, Jaksa bahkan berperan juga sebagai Penjahat.. haha lucu memang,

hal ini terjadi karena sering kali Staff IT dalam perusahaan diberdayakan sebagai “SUPERMAN” alias harus serba bisa, baik itu dalam menangani masalah jaringan, software, maupun hardware…haha, sehingga sebuah ungkapan bahwa kekuasaan itu cendrung korup, ya ada benarnya juga tuh..karena IT nya seba bisa ya jadi cendrung berkuasa…Upsss….

OK to the point aja, berikut adalah daftar dosa staff IT di kantor.

1. By Pass Restricted website.

kenakalan staff itYa, maksudnya apa ya ? jika kebijakan perusahaan tidak memperboleh kan akses Facebook pada jam kerja, percayalah sama saya, staff IT pasti membuat pengecualian buat dirinya. Hehehe….

2. By Pass Akses Internet.

Teringat beberapa waktu lalu, kebijakan perusahaan yang melarang pemakaian internet pada jam kantor…hehehe saya dengan suksesnya membuat pengecualian untuk diri saya…ketika orang dengan gelisahnya kerja karena bosan…saya dengan suksesnya membaca berita di detik.com hehehe

3. Mengibuli Anjing Penjaga.

kenakalan staff itBiasanya dalam sebuah rumah mewah, sudah cukup umum kita ada anjing galak yang mengawasi siapa saja yang akan masuk ker rumah tersebut, ya kalau lebih manusiawinya sih mungkin digantikan dengan Satpam.

nah dalam infrastruktur jaringan, biasanya ada juga sistem yang mengawasi aktivitas user dalam beraktifitas internet, seperti website apa yang sedang dibuka, pola pemakaian data (tukang download atau sekedar browsing) nah seperti itu, nah hampir bisa dipastikan staff IT itu bisa melewati “jebakan” ini. yah atas dasar kebebasan berinternet yang biasa di dengungkan oleh demokrasi ala western, staff IT tentu tidak mau di lacak aktifitas internetnya juga..

hehe ini seperti meleparkan potongan daging pada anjing tersebut agar berhanti menggonggong..wkwkwk

4. Membuka File terlarang (percayalah saya tidak pernah melakukan ini).

https://bungjoehanz.wordpress.comWuih…kesannya horor banget..ya karena kemampuannya (kekuasaannya dalam jaringan) beberapa IT nakal suka tertantang melakukan ini, contoh paling gampangya adalah jika divisi HRD mempunya list Gaji karyawan yang di simpan dalam file Excel, biasanya si IT nakal tertantang untuk ingin tahu isinya.

mungkin di orang HRD merasa aman dengan file yang ter-enkripsi..trus me..banyak jalan menuju ROMA..banyak tools untuk memecah sandi file tersebut.

Atau jika perusahaan sudah mempunya sistem penggajian menggunakan software khusus lengkap dengan databasenya, wah sangat bahaya jika IT mempunyai akses ke database tersebut..bisa-bisa di menaikan gajinya sendiri nanti..heheh

oleh karena itu untuk menghindari fitnah, ketika implementasi software tersebut, saya meminta agar tidak di kasih tau password database payroll, atau kalaupun harus mengakses database tersebut, saya meminta untuk orang HRD sendiri yang mengetikannya passwordnya..supaya saya tidak tau dan terhindar dari tuduhan-tuduhan negatif..hehehe

5. Download Film Bioskop (kenakalan terbesa saya).

kenakalan staff itya terkadang jika saya tidak sempat menonton film box Office di bioskop, nah alternatif lainnnya saya download di internet, dengan mengguanakn download manager yang menyedot sebagian besar bandwidth…hehe beberapa user mungkin kesal karena kok tiba-tiba internetnya terasa lemooot…huhuhu maap..nanti filenya gw copy-in juga deh ke loe..hahaha

6. Tidak memanfaatkan waktu kerja secara optimal.

kenakalan staff ithahaha contoh paling gampangnya adalah ya seperti saat ini, ketika jam kerja saya malah menulis di blog saya ini..ya mungkin sebagai pembelaan diri, saya bisa bilang, “tidak cuma saya kok yang melakukan ini..”

Ya sebenarnya pasti masih ada lagi kenakalan yang lainnya, cuma ya segini aja dulu deh…hehehe kan gw gak mau buka borok gw sendiri semuanya…

semoga tulisan ini bermanfaat, bagi mereka yang berfikir bahwa staff IT mereka itu baik-baik saja..think twice..

Iklan