Tag

, , , , ,


Virtualization

Virtualization

Awalnya sih takut-takut migrasi ke Virtualisasi (VMWare), tapi sekarang mulai menemukan ke praktisannya (walaupun gak selalu praktis sih menurut gw). Kenapa takut-takut? bayangin aja, dari sejak lama mindset kita selalu mengarah pada teknologi tradisional dimana data disimpan pada sebuah disk dan pada sebuah komputer hanya dapat di install sebuah sistem, walaupun ada tools yang memungkinkan kita bisa boot lebih dari sistem pada sebuah komputer, tapi ya tetap saja sistem yang berjalan hanya satu, dan komputer harus restart jika kita hendak boot ke sistem lain, Nah dengan virtualisasi, semua sistem tersebut dapat berjalan bersamaan, cukup menarik ya..

Baru-baru ini ikut terlibat dalam project SAP, server SAP yang terdiri dari belasan server tersebut, kini di “compress” menjadi 3/4 rack server saja, bandingkan jika masih menggunakan platform tradisional, bisa menghabiskan berapa banyak biaya (biaya pendingi, biaya listrik, space tempat pada data center). LUARRRR biasa..

Banyak vendor yang memberikan pelayanan virtualisasi, namun dalam hal ini saya menggunakan produk dari VM Ware (WM Ware ESXi). Salah satu yang menarik dari produk ini adalah adanya fasilitas Snapshot, yaitu fasilitas untuk mengembalikan kondisi sistem kita ke kondisi terakhir ketika snapshot dilakukan, ya mirip dengan sistem restore pada komputer windows base.

Snapshot bisa dilakukan berkali-kali, namun jangan salah snapshoot ini juga “memakan” space datastore (hardisk) kita. dan jika kita tidak aware, makan bisa saja data store kita menjadi penuh dan akhirnya Virtual Machine kita menjadi corrupt.

Jadi ingat Snapshot BUKANLAH backup sebenarnya, kita masih memerlukan sistem backup yang sebenarnya. sebagai gambaran lihat gambar berikut ini.

snapshot

snapshot

non-snapshot

non-snapshot

Dapat dilihat Snapshot itu “memakan” space data storage kita..jadi pastikan delete snapshot yang tidak perlu, ada kalanya snapshot itu bandel tidak mau di delete, nah kalau udah gitu, kita dapat menggunakan senjata akhir lainnya, yaitu “Consolidate”.

ini info lengkapnya. http://kb.vmware.com/selfservice/microsites/search.do?language=en_US&cmd=displayKC&externalId=1015180 

Iklan